Faktor ini yang paling penting pada tumbuh kembang Anak

Perkembangan Fisik
1.        Pertumbuhan dan perubahan fisik
Pertumbuhan dan perubahan fisik tidak sehebat pada masa sebelumnyadan temponya lebih lambat tai tidak mengurangi maknanya. Seperti halnya pada fase perkembangan, pertumbuhan dan perkembangan aspek-aspeknya disesuaikan dengan prioritas masa itu.Pertumbuhan fisik pada masa ini misalnya, diperlukan untuk mengakomodasi keterampilan motorik dan perkembangan intelektual.
a. Tinggi dan berat badan; struktur dan sistem tubuh
Indonesia belum memiliki statistik pertumbuhan fisik rata-rata anak usia taman kanak-kanak, baik mengenai tinggi maupun berat badan mereka. Sesuai dengan tinggi rata-rata orang Indonesia setelah dewasa,tinggi rata-rara anak pada masa ini diperkirakan sebagai berikut :
• Pada usia 3 tahun lebih kurang 90-95 cm
• Pada usia 4 tahun lebih kurang 95-100 cm
• Pada usia 5 tahun lebih kurang 100-105 cm       
• Pada usia 6 tahun lebih kurang 105-110 cm
• Diperkirakan anak bertambah tinggi lebih kurang 7 sentimeter setiap tahunnya
Perubahan bentuk tubuh yang meliputi perubahan dalam perototan dan pertulangan merupakan keuntungan sendiri bagi anak yaitu mereka akan bertambah kuat. Tulang yang mengeras akan memberi bentuk pada tubuh dan sekaligus memberikan perlindungan yang lebih baik kepada organ-organ dalam tubuh. Perubahan ini disertai pula dengan pematanganotak serta sistem saraf, memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan lebih lanjut dan otot besar maupun otot kecil yang diperlukan bagi keterampilan motorik.Ditambah lagi adanya peningkatan kapasitas pernafasan dan sirkulasi darah sehingga dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Keadaan ini bersama dengan berkembangnya sistem imunitas akan menjadikan anak lebih sehat.
Pada usia 3 tahun gigi susu juga sudah lengkap, keadaan ini memungkinkan anak untuk mengunyah dengan bai sehingga dapat mengunyah apa saja. Gigi tetap mulai ada ketika anak mencapai usia 6 tahun.

b. Pertumbuhan otak
Salah satu yang terpenting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak pada masa ini adalah pertumbuhan otak dan sisten saraf. Meskipun pertumbuhanya tidak secepat masa bayi, tetapi pada usia 3 tahun otak sudah mencapai tiga perempat ukuran otak orang dewasa dan pada usia 5 tahun sudah sembilan persepuluh ukuran otak orang dewasa. Meningkatnya ukuran otak disebabkan meningkatnya ukuran jumlah dan ukuran serabut-serabut saraf di dalam dan diantara bagian-bagian otak.Serabut saraf ini terus tumbuh paling sedikit sampai masa remaja. Peningkatan ukuran otak sebagian juga disebabkan oleh peningkatan mielinisasi yaitu proses dimana sel-sel saraf dilapisi dan diisolasi oleh sebuah lapisan sel-sel lemak (Santrock,1990;243). Peningkatan kematangan otak, dikombinasikan dengan kesempatan untuk memperoleh pengalaman, memberikan sumbangan yang luar biasa terhadap pemunculan kemampuan kognitif.

c. Persepsi visual
Kematangan pengelihatan pada usia prasekolah ini. Pada akhir masa usia prasekolah (6 tahun) otot mata sudah berkembang sedemikian rupa sehingga memngkinkan anak menggerakkan matanya secara efisien untuk melihat sederetan huruf-huruf. Persepsi kedalaman terus meningkat pada usia prasekolah, namun koordinasi motorik anak-anak belum terlalu baik, mereka sering menumpahkan, jatuh dari ayunan, atau menghasilkan pekerjan tangan yang buruk.
2. Perkembangan motoric
3. Nutrisi
4. Kesehatan dan penyakit anak-anak