Perkembangan Anak pada usia 4-5 tahun yang harus dipahami

Untuk anak usia 4-5 tahun
a.       Perkembangan sosial-emosional
Guru mmudahkan perkembngan kontrol diri anak dengan menggunakan tehnik bimbingan yang positif seperti modeling, dan mendorong anak untuk berbuat seuai dengan perilaku yang diharapkan. Harapan guru harus disesuikan dengan dan menghargai kemampuan yang dimiliki anak.
Kepada anak diberikan berbagai kemungkinan
untuk mengembangkan keterampilan sosial seperti kerja sama. Guru memberi kemudahan agar perkembangan keterampilan sosial yang positif ini dapat tejadi setiap saat
b.      Perkembangan bahasa dan minat baca-tulis
Anak harus diberi kesempatan seluas luasnya untuk melihat betapa membaca dan menulis itu mempunyai kegunaan yang luar biasa. Keterampilan dasar ini baru akan berkembang bila mempunya makna bagi anak.
   Kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan berbahasa dan minatbaca dan tulis ini perlu dilakukan pemberian pengalaman yang bermakna bagi anak, misalnya mendengar dan membaca cerita, berbagai tulisan dan gambar-gambar,dll.
c.       Perkembangan kogniting
     Anak mengembangkan pemahaman mengenai konsep tentang diri sendri, tenteng orang lain, dan tentang dunia disekitarny melali pengamatan dengan cara berhubungan dengan orang lain dan dengan benda sebenarnya, dan juga mencari pemecahan terhadapmasalah yang konkret. Anak juga belajar mengenai rutinitas agar selalu sehat dan aman.
d.      Perkembangan Fisik
Setiap anak diberi kesempatan untuk melatih otot-otonya melalui berbagai kegiatan, termasuk berlari, melompat, dan latihan keseimbangan badan.Bermain di lapangan perlu direncanakan dan dilaksanakan setiap hari sehingga anak dapat mengembangkan keterampilan otot-otot besarnya, belajar mengenal alam sekitar dam dapat mengekspesikan diri secara bebas.
Setiap hari anak diberi kesempatan untuk melatih otot-otot kecinya melalui aktivitas bermain seperti melukis dan memotong.
e.       Perkembangan Estetik
Setiap hari anak diberi kesempatan untuk mengekspesikan perasaan estetik dan apresiasi mereka melalui kesenian dan musik.Anak mencoba dan memperoleh kesenangan dari berbagai bentuk musik.Berbagai variasi media kesenian diberikan kepada anak untuk ekspresi kreatif mereka, seperti melukis dengan jari dan membuat bentuk memakai tanah liat.
f.       Motivasi
Rasa ingin tahu secara alamiah ada dalam diri anak dan mereka untuk membuat segala seuatu masuk akal, dapat dipergunakan utuk memotivasi mereka di dalam kegiatan belajar.