Perkembangan Anak pada usia 4-5 tahun yang harus dipahami
January 26, 2021
Untuk anak usia 4-5
tahun
a.
Perkembangan
sosial-emosional
Guru mmudahkan perkembngan
kontrol diri anak dengan menggunakan tehnik bimbingan yang positif seperti
modeling, dan mendorong anak untuk berbuat seuai dengan perilaku yang
diharapkan. Harapan guru harus disesuikan dengan dan menghargai kemampuan yang
dimiliki anak.
Kepada anak diberikan
berbagai kemungkinan
untuk mengembangkan keterampilan sosial seperti kerja
sama. Guru memberi kemudahan agar perkembangan keterampilan sosial yang positif
ini dapat tejadi setiap saat
b.
Perkembangan bahasa
dan minat baca-tulis
Anak harus diberi kesempatan
seluas luasnya untuk melihat betapa membaca dan menulis itu mempunyai kegunaan
yang luar biasa. Keterampilan dasar ini baru akan berkembang bila mempunya
makna bagi anak.
Kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan berbahasa dan
minatbaca dan tulis ini perlu dilakukan pemberian pengalaman yang bermakna bagi
anak, misalnya mendengar dan membaca cerita, berbagai tulisan dan
gambar-gambar,dll.
c.
Perkembangan kogniting
Anak mengembangkan pemahaman
mengenai konsep tentang diri sendri, tenteng orang lain, dan tentang dunia
disekitarny melali pengamatan dengan cara berhubungan dengan orang lain dan
dengan benda sebenarnya, dan juga mencari pemecahan terhadapmasalah yang
konkret. Anak juga belajar mengenai rutinitas agar selalu sehat dan aman.
d.
Perkembangan Fisik
Setiap anak diberi
kesempatan untuk melatih otot-otonya melalui berbagai kegiatan, termasuk
berlari, melompat, dan latihan keseimbangan badan.Bermain di lapangan perlu
direncanakan dan dilaksanakan setiap hari sehingga anak dapat mengembangkan
keterampilan otot-otot besarnya, belajar mengenal alam sekitar dam dapat
mengekspesikan diri secara bebas.
Setiap hari anak diberi
kesempatan untuk melatih otot-otot kecinya melalui aktivitas bermain seperti
melukis dan memotong.
e.
Perkembangan Estetik
Setiap hari anak diberi
kesempatan untuk mengekspesikan perasaan estetik dan apresiasi mereka melalui
kesenian dan musik.Anak mencoba dan memperoleh kesenangan dari berbagai bentuk
musik.Berbagai variasi media kesenian diberikan kepada anak untuk ekspresi
kreatif mereka, seperti melukis dengan jari dan membuat bentuk memakai tanah
liat.
f. Motivasi
Rasa ingin tahu secara alamiah ada dalam diri anak dan mereka untuk membuat segala seuatu masuk akal, dapat dipergunakan utuk memotivasi mereka di dalam kegiatan belajar.
Rasa ingin tahu secara alamiah ada dalam diri anak dan mereka untuk membuat segala seuatu masuk akal, dapat dipergunakan utuk memotivasi mereka di dalam kegiatan belajar.