Perkembangan Koqnitif atau pola pikir anak
January 26, 2021
Perkembangan Kognitif
1. Berfikir praoprasional
2. Beberapa aspek lain dalam perkembangan kognitif anak usia pra sekolah
3. Perkembangan bahasa
4. Kretivitas
1. Berfikir praoprasional
2. Beberapa aspek lain dalam perkembangan kognitif anak usia pra sekolah
3. Perkembangan bahasa
4. Kretivitas
Perkembangan Emosi dan Sosial
1.Keluarga
2.Teman sebaya
3.Bermain
4.Perkembangan kepribadian
5.Disiplin
6. Perluasan pembinaan anak usia prasekolah
Berbeda dari usia sebelumnya anak usia prasekolah yang berumur antara 2-6 tahun ini selain memerlukan pengasuhan dari kedua orang tuanya, juga memerlukan pembinaan yang luas lagi melalui program Bina Keluarga Balita, Tempat Penitipan Anak, serta taman bermain dan taman kanak-kanak.
2.Teman sebaya
3.Bermain
4.Perkembangan kepribadian
5.Disiplin
6. Perluasan pembinaan anak usia prasekolah
Berbeda dari usia sebelumnya anak usia prasekolah yang berumur antara 2-6 tahun ini selain memerlukan pengasuhan dari kedua orang tuanya, juga memerlukan pembinaan yang luas lagi melalui program Bina Keluarga Balita, Tempat Penitipan Anak, serta taman bermain dan taman kanak-kanak.
a. Bina Keluarga Balita
Akhir-akhir ini selain
tersedianya pendidikan bagi anak usia prasekolah berupa Taman Kanak-Kanak yang
sudah dikenal sejak awal abad keduapuluh, pemerintah dan masyarakat juga
menyiapkan pusat-pusat pembinaan bagi ibu dan balita. Kita mengenal program
Bina Keluarga Balita, dengan pembinaan ibu-ibu yang berkualitas dalam mengasuh
anak diharapkan generasi yang akan datang juga mengalami peningkat kualitas.
b. Tempat Penitipan Anak
Selain program BKB akhir-akhir
ini berkembang upaya untuk menyelenggarakan Tempat Penitipan Anak
(TPA).Terutama balita yang ibunya bekerjadan tidak memiliki anggota keluarga
yang membantu mengasuh.Di dalam TPA ini anak diberikan program-program yang
dapat meningkatkan semua aspek perkembangan anak.
a.
Taman Bermain dan
Taman Kanak-Kanak
Program lain adalah Taman
Bermain dan Taman Kanak-kanak. Kedua taman dan tempat bermain ini belumlah
merupakan sekolah. Sesuai dengan namanya taman diperlukan anak usia prasekolah
yang memerlukan rangsangan agar seluruh aspek perkembangannya dapat
meningkatkan dan untuk menghadapi sekolah kelak karena itu anak belum diajarkan
segala sesuatu yang bersifat akademis dan belum diberi tugas sekolah seperti menulisdan membaca.Dalam usia
prasekolah kegiatan utama adalah membina sikap dan minat.
d. Hal-hal yang dapat dilakukan oleh orang tua dan guru Taman Bermain dan Taman Kanak-kanak untuk mengembangkan anak usia prasekolah
d. Hal-hal yang dapat dilakukan oleh orang tua dan guru Taman Bermain dan Taman Kanak-kanak untuk mengembangkan anak usia prasekolah
1.
anak anak usia 3 tahun
-Orang
dewasa memberi afeksi dan dukungan, menyenangkan hati anak bila mereka menangis
atau ketakutan.Orang dewasa merencnakan pengalaman yang dapat mngurangi rasa
takut anak.
-Orang
dewasa membantu anak bermain dan mengembangkan kebebasan diri anak, membantu
mereka bila diperlukan tetepi membiarkan mereka melakukan segala sesuatu yang
mampu mereka lakukan sendri atau yang ingin merekalakukan sendiri.
-Orang
dewasa mendukung kegiatan anak untuk memulai suatu persahabatan, karena
hubungan semacam itu cepat berlalu. Bila timbul konflik biasanya anak usia 3
tahun kembali bermain sendiri. Orang dewasa membiasakan anak untuk menunggu
giliran dan mau berbagi dengan orang lain tetapi hendaknya orang tua tidak
mengharap terlalu banyak dari mereka.
-Orang dewasa sebanyak mungkin memberikan pengalaman kepada anak dan memberikan kesempatan untuk memperluas kemampuan bahasa dan music kepada anak.
-Orang dewasa sebanyak mungkin memberikan pengalaman kepada anak dan memberikan kesempatan untuk memperluas kemampuan bahasa dan music kepada anak.
-Orang
dewasa menyediakan waktu dan tempat baik di dalam maupun diluar ruangan baik
anak untuk berlatih keterampilan gerak kasar seperti berlari, melompat, naik
sepeda.Orang dewasa selalu berada dekat dengan anak untuk membantu mereka juka
dibutuhkan.